Ingin Panjang Umur? Mulailah Olahraga Lari

Ingin panjang umur? mulailah olahraga lari. Karena olahraga sederhana yang kini populer di kalangan masyarakat adalah lari.

Kebanyakan orang saat ini sangat mengharapkan umur yang panjang. Ada sejumlah hal yang bisa dilakukan setiap orang untuk memastikan atau setidaknya mengusahakan agar kesehatan fisik dan mentalnya tetap terjaga sepanjang waktu guna mendapatkan waktu yang lebih lama untuk hidup dan menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat.

Jika sebelumnya olahraga ini identik dengan pria, kini tidak lagi. Lari ternyata memiliki banyak manfaat khususnya untuk para wanita. Susan Paul, pelatih fisik dan program director Orlando Track Shack Foundation menyarankan untuk tidak melakukan aktivitas ini selama satu minggu penuh, namun cukup enam kali dalam seminggu dan memberikan waktu satu hari untuk memulihkan otot-otot tubuh.

Nah, bagi para wanita tentunya bisa mencoba saran Susan Paul, selain melancarkan aktivitas kardiovaskular tubuh, beberapa poin berikut ini akan memberikan manfaat penting olahraga lari bagi wanita.

Baca juga artikel menarik lainnya : Langkah Sederhana Hilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

olahraga-lariDikutip dari liputan6.com -, Aktivitas olahraga seperti lari merupakan hal yang dapat membantu Anda hidup lebih lama. Hal ini dibuktikan oleh seorang asisten profesor bidang kinesiologi di Iowa University, Amerika Serikat yang bernama Duck-Chul Lee. Melansir US News, Lee bersama rekan-rekannya melakukan sebuah penelitian pada tahun 2014 kemarin terkait olahraga lari dan gunanya dalam membantu seseorang mendapatkan hidup lebih panjang.

Hasil dari penelitian mereka menunjukkan bahwa mereka yang gemar berolahraga lari cenderung lebih kecil risikonya terkena penyakit kardiovaskular. Minimnya risiko terkena penyakit berarti peluang mereka untuk hidup lebih panjang dan terhindar dari penyakit jauh lebih besar dibandingkan mereka yang tidak suka olahraga lari.

“Banyak hal yang bisa kita raup dari olahraga lari. Khususnya bagi mereka yang sudah berusia lanjut, olahraga lari sangat penting karena mampu bantu manusia mengatasi masalah kesehatan mental dan fisiknya. Jangan pernah berhenti lari karena sekali saja berhenti bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan,” ungkapnya.

Manfaat Olahraga Lari Selain akan Memperpanjang Umur Anda

Ada beberapa manfaat olahraga lari jika di lakukan oleh wanita :

  • Memudahkan pola diet

Para wanita tidak perlu terlalu memaksakan untuk bisa berlari cepat untuk membakar kalori. Namun, berlari dengan kecepatan sedang dan santai justru bisa lebih banyak membakar kalori pada tubuh. Hal ini memudahkan pola diet seorang wanita menjadi lebih mudah karena digabungkan dengan olahraga lain yang dilakukan.

  • Kulit sehat

Para wanita pasti sangat peduli dengan kecantikan kulit, dan olahraga lari adalah solusinya. Ahli dermatologi menjelaskan bahwa olahraga lari dapat mengangkat racun-racun pada tubuh, sehingga terjadi penurunan lemak pada kulit dan membuatnya tampak sehat dan kencang.

  • Atasi nyeri menstruasi

Apakah Anda wanita yang sedang mengalami masa menstruasi? Jangan khawatir, karena dengan olahraga ini dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada saat menstruasi. Saat seorang wanita sedang melakukan olahraga lari, maka secara otomatis tubuh akan memunculkan endorfin, yaitu hormon pada tubuh manusia yang bisa membuat mereka bahagia dan menghilangkan nyeri akibat menstruasi.

  • Cegah penyusutan otak

Sisakan sedikit waktu Anda setelah bekerja dengan berolahraga. Menurut J Carson Smith, PhD, asisten profesor di University of Maryland, lari mampu merangsang sel saraf, seperti neurogenesis, dan pembuluh darah yang mampu mencegah terjadinya penyusutan otak yang disebut angiogenesis.

Dan untuk secara umumnya adalah :

  • Dapat melatih kecepatan dalam berpikir

Olahraga ini juga dapat mendorong motorik pada otak kita, sehingga daya tangkap otak kita dapat lebih cepat dibandingkan dengan orang yang jarang berolahraga. Selain itu, daya ingat seseorang yang rajin berolahraga dapat berfungsi dengan baik hingga tua.

  • Dapat menjadikan tulang dan persendian lebih kuat

Olahraga ini mampu menjaga kekuatan kaki dan persendian, sehingga dapat menghidarkan seseorang dari gangguan tulang dan persendian seperti osteoporosis. Selain itu, olahraga ini juga dangat baik bagi pertumbuhan tulang terutama bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan.

  • Mencegah tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi dapat disebabkan oleh karena adanya penyempitan pada pembuluh darah arteri, sehingga dapat menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Hal ini tentunya sangat beresiko mengalami berbagai jenis penyakit seperti penyakit jantung, stroke dan jenis penyakit berbahaya lainnya. Tetapi jika kita rutin berolahraga salah satunya lari, maka penyempitan pada pembuluh darah akan kembali normal dan sirkulasi darah menjadi lancar.

  • Dapat melegakan pernafasan

Lari pagi sangat bermanfaat untuk melacarkan saluran penafasan, suhu badan yang meningkat akibat dari aktivitas berlari mampu mengeluarkan dahak dan berbagai kotoran yang menempel pada saluran pernafasan kita, sehingga saluran pernafasan menjadi lebih lancar dan ringan.

  • Tidur terasa lebih nyaman dan nyenyak

Rutin berolahraga dapat mengembalikan kualitas tidur kita, sehingga tidur akan lebih nyaman dan nyenyak sepanjang malam.

  • Dapat meningkatkan kualitas seksual

Bagi anda yang telah menikah, anda akan merasakan kualitas seksual yang meningkat setelah rutin menjalankan aktivitas olahraga seperti berlari. Hal ini dikarenakan, dengan rutin berolahraga dapat meningkatkan produksi hormon di dalam tubuh.

Terus kunjungi situs http://qncjellygamatyangasli.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Ingin Panjang Umur? Mulailah Olahraga Lari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *