Makanan Yang Harus Di Pantang Oleh Penderita Maag

Apakah anda salah satu orang yang saat ini menderita penyakit maag? tahukah anda bahwa ada beberapa makanan yang harus di pantang oleh penderita maag?

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung ke salah satu website resmi milik Alfian Herbal Agen Resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia yang lebih tepatnya berada di kota tasikmalaya. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi penting seputar kesehatan yang akan meliputi makanan yang harus di pantang oleh penderita maag.

Makanan yang harus di pantang oleh penderita maag -, Penyakit maag dapat kambuh secara tiba-tiba dan bisa memburuk dari waktu ke waktu. Adakalanya penderitanya harus mengikuti pantangan sakit maag artinya memilah jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan. Pada awalnya penyakit maag ini disebabkan oleh kebiasaan makan tidak teratur, kebiasaan itu bisa menyebabkan lambung mengalami iritasi. Mungkin pada awalnya hanya mengalami gejala mual saja tetapi kalau terus dibiarkan akan menjadi berbahaya jadi anda harus menjaga makanan yang anda konsumsi agar penyakit maag tersebut bisa sembuh.

Penyakit maag adalah penyakit pada lambung yang diakibatkan oleh peradangan selaput lambung. Penyebab maag cukup beragam, namun biasanya berkisar dari infeksi bakteri, alkoholisme, luka traumatis, dan penggunaan obat pereda rasa sakit yang berlebihan. Jika tidak diobati, maag dapat memicu timbulnya bisul di lambung dan bahkan kanker lambung.

Ketahui Makanan Yang Harus Di Pantang Oleh Penderita Maag

pantangan-penderita-maagNah, dalam pengobatan penyakit maag anda harus tahu betul apa saja yang menjadi pantangan penyakit maag karena penyakit ini sangat berhubungan langsung antara lambung dan apa yang dicerna oleh lambung tersebut. Dibawah ini ada beberapa jenis makanan yang harus di pantang oleh penderita maag :

1. Gorengan

Makanan yang dimasak dengan cara digoreng memang sangat nikmat dan guruh. Tapi untuk Anda yang terkena penyakit maag, sebaiknya hindari konsumsi gorengan yang terlalu banyak. Makanan yang digoreng dapat mempengaruhi naiknya gas asam di dalam lambung, oleh karena itu mengkonsumsi gorengan dapat memicu rasa nyeri pada kerongkongan dan ulu hati atau disebut heartburn.

2. Susu olahan yang tinggi lemak

Segala jenis makanan yang berasal dari susu yang diolah dan memiliki lemak tinggi juga harus dihindari oleh orang yang memiliki penyakit maag. Contoh produk ini yaitu mentega yang memiliki kadar lemak sangat tinggi sehingga harus Anda jauhi.

3. Cokelat

Cokelat juga merupakan makanan pantangan untuk penyakit maag yang harus Anda hindari. Kandungan kafein dan stimulan lain seperti theobromine yang terdapat pada cokelat dapat memicu naiknya kadar asam di dalam lambung. Selain itu, cokelat juga memiliki kandungan cokelat sehingga tidak baik untuk penderita asam lambung.

4. Produk hasil fermentasi

Beberapa jenis produk hasil fermentasi antara lain yaitu tape dan oncom. Namun untuk tempe dan yoghurt masih aman untuk di konsumsi oleh penderita penyakit maag.

5. Buah-buahan yang banyak mengandung gas

Mengkonsumsi buah memang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan. Akan tetapi ada jenis buah-buahan tertentu yang sebaiknya tidak di konsumsi oleh penderita penyakit maag. Buah nanas, nangka, rambutan, durian merupakan contoh dari beberapa jenis buah-buahan yang mengandung gas. Oleh karena itu, Anda sebaiknya jangan mengkonsumsi jenis buah ini jika mengalami sakit maag. Kandungan gas pada buah-buahan tersebut dapat memicu naiknya kadar asam dalam lambung sehingga membuat sakit maag kambuh.

6. Minuman bersoda

Minuman yang mengandung soda bukanlah minuman yang sehat dan pantas di konsumsi sebagai minuman harian. Sebab minuman soda terbukti berbahaya jika di konsumsi dalam jangka panjang dan dosis tinggi. Jenis minuman berkarbonasi ini akan memicu naiknya kadar asam di dalam lambung. Efek karbonasi juga dapat menyebabkan gangguan perut seperti perut kembung sehingga Anda merasa tidak nyaman.

8. Kopi dan teh

Penggemar kopi memang memiliki selera yang tinggi untuk menemani kopi. Namun jenis minuman ini bukanlah minuman yang cocok bagi penderita maag. Bahkan bukan hanya kopi, teh juga memiliki kandungan kafein yang dapat memicu gangguan pada lambung. Kurangi minum kopi dan teh, lebih baik perbanyak minum air putih karena sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Jenis Makanan Yang Baik Dikonsumsi Penderita Maag

Selain pantangan, kami juga akan memberikan informasi seputar makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita maag seperti :

  • Buah-buahan.

buah-penderita-maagBuah mengandung vitamin, mineral, serat, fitokimia, serta antioksidan yang dibutuhkan tubuh. Jika punya sakit maag, Anda perlu mengonsumsi 2-4 porsi buah-buahan per hari. Pilihan buah yang baik yakni apel, pisang , persik, pir, anggur, melon, dan kiwi . Anda mungkin harus menghindari beberapa jenis buah tertentu karena bisa menimbulkan rasa sakit dan iritasi lambung. Buah-buahan ini termasuk jeruk, buah ara, buah beri, dan buah-buahan yang dikeringkan.

  • Sayuran.

Sayur juga mengandung nutrisi yang penting bagi tubuh dan membantu mempertahankan berat badan ideal. Anda perlu mengonsumsi 2-4 porsi sayur-saryuran setiap hari. Namun berhati-hatilah karena beberapa jenis sayuran memproduksi gas sehingga bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Cobalah beragam jenis sayuran dan tentukan mana yang harus dihindari. Misalnya jus sayuran, paprika, cabai, bawang merah , bawang putih, dan produk olahan tomat adalah yang paling sering menimbulkan masalah perut.

  • Produk susu.

Susu adalah sumber yang bagus untuk kalsium dan vitamin D. Meski begitu, Anda tetap harus membatasi konsumsi susu maupun produk olahan susu maksimal 2-3 porsi dalam sehari. Sebagai tambahan, ada baiknya memilih produk susu rendah atau bebas lemak agar tidak banyak asam lambung yang diproduksi.

  • Daging.

Kebanyakan jenis daging merah, daging unggas, dan ikan dapat ditoleransi dengan baik meskipun Anda memiliki sakit maag. Pilihan daging yang terbaik ialah daging tanpa lemak, daging yang lembut, daging unggas tanpa kulit, seafood, ikan, dan kerang. Anda juga bisa mengganti daging dengan produk kacang kedelai seperti tahu dan tempet. Hindari cara pengolahan yang digoreng atau yang dibumbui pedas. Biasanya cara pengolahan daging dengan dipanggang adalah yang paling baik bagi penderita maag.

Itulah yang dapat kami sampaikan mengenai makanan yang harus di pantang oleh penderita maag, semoga artikel sederhana yang kami kutip ini bermanfaat untuk anda semua, khususnya untuk anda yang memiliki riwayat penyakit maag. Terimakasih atas kunjungan dan perhatiannya.

Terus kunjungi situs http://qncjellygamatyangasli.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Baca juga artikel menarik lainnya | Manfaat dan Khasiat Tusuk Jarum (Akupuntur) Untuk Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *