Tanaman Herbal yang Bisa Membantu Mengobati Luka

Obat herbal saat ini semakin mendapat tempat di kalangan masyarakat. Hal ini dikarenakan, obat herbal jauh lebih aman untuk dikonsumsi karena tidak menimbulkan efek samping serta efek ketergantungan. Tidak hanya itu, kelebihan dari obat herbal juga adalah memiliki banyak khasiat dan jauh dari bahan-bahan kimia yang malah justru bisa membahayakan kondisi kesehatan.

Artikel terkait: QnC Jelly Gamat Asli

Berikut dibawah ini salah satu tanaman herbal yang bisa membantu mengobati luka, dan semoga bisa menjadi solusi kesembuhan luka Anda.

Tanaman Herbal yang Bisa Membantu Mengobati Luka

Tanaman Herbal yang Bisa Membantu Mengobati Luka

Pegagan
Tanaman herbal ini memiliki kandungan glikosida triterpenoida yang dimaksud asiaticoside adalah antilepra serta penyembuh luka yang begitu mengagumkan. Daun pegagan juga memiliki kandungan saponin yang dapat menghalangi jaringan sisa luka yang terlalu berlebih (menghalangi terjadinya keloid). Umumnya pegagan dikonsumsi fresh untuk lalapan, namun bisa juga dikeringkan dan dijadikan teh. Untuk luka luar, cukup hanya tempelkan daun pegagan ditempat luka, atau langkahnya dapat dengan dihaluskan terlebih dahulu, baru ditempelkan.

Lidah buaya (aloe vera)
Lidah buaya mengandung senyawa biologis aktif diantaranya yaitu mannans asetat, polymannans, antrakuinon, beragam lektin serta zat saponin serta senyawa antrakuinon. Dimana senyawa antrakuinon ini mampu mencegah bakteri. Tak berhenti hingga di situ saja, nyatanya tanaman ini dapat memiliki zat yang bisa merangsang pergantian kolagen hingga kulit Anda yang alami luka semakin lebih cepat terobati.

Artikel terkait: Obat Herbal Luka di Sudut Mulut Untuk Anak

Cocor bebek
Daun cocor bebek banyak mengandung air serta lendir, dimana didalamnya juga terdapat kandungan asam malat, damar, zat lendir, magnesium malat, kalsium oksalat, asam formiat serta tanin, sehingga sangat baik untuk mencegah peradangan, menghentikan perdarahan, mengurangi pembengkakan serta mempercepat pengobatan luka. Untuk pemakaiannya, ambil daun cocor bebek seperlunya, kemudian parut atau tumbuk. Berikan sedikit air serta oleskan di bagian daerah yang luka, gantilah setiap 3 jam sekali atau setelah tumbukan mengering.

Jahe
Jahe mengandung senyawa seperti minyak atsiri zingiberena (zingirona), zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena serta resin pahit. Cara pakainya yaitu parut jahe kemudian oleskan pada bagian yang luka.

Daun senduduk
Cara penggunaannya yaitu ambil daun senduduk seperlunya kemudian kunyah hingga lumat, lalu oleskan atau tempelkan ke bagian luka yang telah Anda bersihkan, lalu bungkus dengan kain dan biarkan hingga satu jam lalu kita ganti lagi dengan yang baru.

Babadotan
Babadotan mempunyai bau yang keras. Babadotan bisa dipakai untuk mengobati Luka berdarah, bisul serta eksim. Tak hanya itu, daun babadotan ini juga mampu mengobati luka dalam.

Cara penggunaanya yaitu bersihkan herbal babandotan fresh seperlunya hingga bersih, lantas tumbuh hingga halus. Terapkan ramuan ke bagian badan yang sakit (luka), lalu balut dengan perban. Dalam satu hari, ganti balutan 3-4 kali. Lakukan hingga luka pulih.

Getah pisang mas
Getang pisang yang masih mentah bisa dijadikan obat dengan maksud agar luka pendarahannya cepat berhenti dan mengering. Alhasil getah pisang ini berperan seperti lem atau perekat kulit yang robek atau luka. Cara penggunaannya yatiu potonglah bagian buah pisang yang masih mentah kemudian lumatkan pada bagian luka.

Itulah beberapa tanaman herbal yang bisa membantu mengobati luka Anda. Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh lukanya. Aamiin

| Tanaman Herbal yang Bisa Membantu Mengobati Luka

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *