Ramuan Herbal Untuk Mengobati Batuk Kering dan Berdahak

Di musim pancaroba seperti sekarang ini, mudah sekali bagi beberapa penyakit menginfeksi tubuh, apalagi bagi seseorang yang daya tahan tubuhnya lemah. Salah satu penyakit yang sering muncul di musim pancaroba ini adalah batuk. Batuk terjadi karena adanya sesuatu benda asing yang umumnya berupa debu atau kuman yang merangsang selaput lendir di tenggorokan.

Artikel terkait: Tanaman herbal yang bisa membantu mengobati luka

Untuk menghilangkan batuk, ada cara alami yang bisa Anda lakukan di rumah tanpa perlu biaya mahal, caranya yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami disekitar rumah. Berikut ini ramuan herbal untuk mengobati batuk kering dan berdahak.

Ramuan Herbal Untuk Mengobati Batuk Kering dan Berdahak

Ramuan Herbal Untuk Mengobati Batuk Kering dan Berdahak

Jeruk nipis
Batuk berdahak terjadi karena ada peradangan pada lapisan lendir di saluran pernafasan atau oleh adanya bakteri atau virus seperti tuberculosa, influenza dan campak.

Cara mengatasi batuk dengan jeruk nipis yaitu dengan minum air perasan jeruk nipis dan kecap atau madu setidaknya 2-3 kali sehari. Atau bisa juga dengan cara belah jeruk nipis menjadi dua bagian, bagian yang terbelah dibalur dengan kapur sirih, diamkan sejenak. Kemudian kulit luar jeruk dibakar hingga berbuih, peras jeruk tersebut dan tambahkan sedikit gula batu. Setelah tercampur rata, minumlah air perasan tersebut.

Jahe
Jahe mengandung anti bakteri sehingga sangat bagus untuk mengatasi batuk. Caranya yaitu iris jahe, kemudian rebus hingga mendidih dan tuangkan kedalam cangkir lalu tambahkan sedikit gula. Minumlah selagi hangat.

Belimbing wuluh
Meskipun rasanya sangat asam, belimbing wuluh juga ampuh mengobati batuk. Caranya yaitu siapkan 10 belimbing wuluh yang sudah dicuci kemudian parut hingga halus. Masukkan parutan tersebut kedalam segelas air, tambahkan sedikit garam. Saring dan buang ampas belimbing wuluh, minum hasil saringan tersebut sebanyak 2 kali sehari setiap pagi dan sore.

Cabe jawa dan madu
Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan salah satunya yaitu untuk meredakan batuk. Madu akan sangat mujarab mengusir batuk jika dicapur dengan cape jawa. Caranya, siapkan 6 gram cabe jawa kering dan madu secukupnya, tumbuh cabe jawa kering hingga halus campur dengan satu sendok madu dan minum secara rutin satu kali sehari hingga sembuh.

Artikel terkait: QnC Jelly Gamat Asli

Asam jawa dan gula merah
Selain digunakan untuk bahan masakan, paduan asam jawa dan gula merah juga bisa mengobati batuk. Caranya yaitu siapkan 10 daging buah asam jawa, seduh dengan segelas air panas dan tambahkan gula merah secukupnya. Aduk hingga rata dan tercampur seluruhnya, minum selagi hangat.

Jahe merah
Jahe merah bisa membantu Anda dalam meredakan batuk kering, dimana batuk kering ini biasanya tanpa disertai dahak atau riak dan tidak disertai sekresi pada saluran napas. Jangan salah, pilihlah jahe yang berwarna merah, bukan jahe biasa. Kupas jahe merah tersebut hingga bersih, kunyah jahe tersebut, telan airnya dan buang ampasnya.

Itulah beberapa ramuan herbal untuk meredakan batuk kering dan berdahak. Semoga cara diatas dapat bermanfaat dan selamat mencoba serta semoga lekas sembuh.

| Ramuan Herbal Untuk Mengobati Batuk Kering dan Berdahak

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *